Mengenal Macam-Macam Pencahayaan

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara penataan cahaya yang tepat pada setiap ruangan. Secara umum, pencahayaan buatan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu general lighting, task lighting, dan accent lighting. Berikut penjelasan lengkapnya :

General Lighting

General lighting adalah sumber penerangan utama. Umumnya dilakukan dengan cara menempatkan titik lampu pada titik tengah ruangan atau pada beberapa titik yang dipasang secara simetris dan merata.

Tujuannya adalah menghasilkan sumber cahaya secara terang dan menyeluruh. Lampu yang digunakan adalah lampu TL atau downlight. Selain itu, dapat pula digunakan pencahayaan tidak langsung (indirect lighting) dengan lampu tersembunyi yang memanfaatkan bias cahayanya saja.

Task Lighting

Task lighting dapat menjadi satu cara untuk menghindari ketegangan mata ketika beraktivitas. Contohnya adalah ruang kerja yang dilengkapi dengan lampu meja untuk membaca sehinga mata tidak cepat lelah. Atau, lampu gantung pada sudut ruangan agar memberikan kesan nyaman. 

Selain diperuntukkan sebagai lampu penegas fungsi, task lighting juga dapat berfungsi sebagai pembentuk suasana.

Accent Lighting 

Accent lighting digunakan untuk menyorot atau memfokuskan pada suatu benda agar dapat lebih terlihat. Pemasangan accent lighting pada ruang dalam umumnya digunakan untuk menyorot benda seni (artwork) atau menyorot lukisan.

Lampu jenis ini biasanya menggunakan spotlight, karena dapat menghasilkan bias cahaya yang kuat dan fokus pada objek yang dituju. Aplikasi wall lamp juga bisa digunakan pada dinding tertentu sehingga menghasilkan tampilan ruang yang dinamis. 

Kita juga bisa menggabungkan ketiga macam pencahayaan di atas untuk semakin memperindah setiap sudut ruangan rumah sesuai keinginan dan kebutuhan.

 

Index Artikel