Tips Menghemat Listrik Di Rumah

Pemakaian listrik secara efektif dan efisien tidak hanya dapat menghemat penggunaan energi, tetapi juga membuat biaya pengeluaran listrik menjadi lebih terjangkau. Berikut tips memaksimalkan penggunaan  listrik lewat pemakaian lampu: 

1. Gunakan lampu yang sesuai dengan daya listrik yang digunakan dan nyalakan sesuai dengan kebutuhan.

2. Hindari kebiasaan menyalakan dan mematikan lampu berulang kali, karena dapat menyebabkan korslet dan penurunan usia lampu.

3. Agar lampu dapat bertahan lebih lama dan dapat menyala dengan maksimal, pastikan untuk membersihkan lampu secara berkala dari debu-debu dan kotoran yang menempel.

4. Pastikan posisi furniture yang Anda gunakan tidak menghalangi pencahayaan lampu. Hal ini sangat berpengaruh pada penggunaan jumlah lampu dalam ruangan. 

5. Segera ganti lampu yang telah meredup, hal ini bertujuan untuk mengefisiensikan penggunaan daya listrik dengan pencahayaan lampu.

6. Penggunaan 1 buah lampu berdaya besar bisa menjadi alternatif dalam ruangan yang luas dan lebar, ketimbang menggunakan lampu berdaya kecil dengan jumlah yang banyak.

7. Segera padamkan lampu bila sudah tidak digunakan, selain berguna untuk menghemat penggunaan listrik, hal tersebut juga dapat memperpanjang usia lampu yang Anda gunakan.

8. Penggunaan lampu LED yang memiliki kekuatan dan usia yang lebih panjang dibanding lampu bohlam bisa menjadi solusi dalam pemilihan lampu dan penghematan daya. 

9. Saat siang hari, pastikan sinar matahari dapat masuk dan memberikan penerangan yang cukup pada ruangan, sehingga dapat meminimalisir penggunaan lampu.

Selain pengaplikasian lampu yang hemat energi, kebiasaan dan perilaku dalam penggunaan lampu juga dapat membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran bulanan.

 

Index Artikel