Cara Mengganti Fitting Lampu Dengan Baik Dan Aman

 

Saat mengganti lampu, banyak sekali ditemukan kerusakan atau konsleting di bagian fitting/dudukan lampu. Mengganti fitting lampu dapat dikerjakan dengan banyak cara, namun tentunya kita juga harus mengutamakan keamanan. Untuk itu pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara mengganti fitting lampu dengan baik dan aman.

 

Matikan Sumber Listrik

Saat ingin mengganti fitting lampu, anda dapat mematikan sumber listrik dari sakelar MCB. Mematikan sumber listrik sangatlah penting demi menjaga kita dari tersengat aliran listrik, karena akan sangat berbahaya. Lepaskan lampu, jika lampu masih terpasang pada fitting tersebut.

 

Lepaskan Fitting lampu

Ambil obeng dan bukalah sekrup yang terdapat di fitting lampu satu per satu, lalu simpan di tempat yang aman, kemudian lepaskan fitting lampu dengan hati-hati agar kabel yang berada di bawahnya tidak ikut terputus karena tarikan. Lepaskan kabel yang masih menempel di dudukan fitting lampu.

 

Pasang Fitting baru

Setelah kabel sudah dilepaskan dari fitting lama, sekarang kita dapat menyambungkan fitting baru dengan kabel tersebut dengan cara membuka skrup dan memasukkan kabel. Kencangkan dan pasang dengan rapi, jangan sampai ada kabel yang keluar jalur, karena akan mengakibatkan arus pendek listrik.

 

Tempelkan Fitting

Setelah kabel semua sudah terpasang ke fitting lampu yang baru, kita dapat menempelkan fitting tersebut ke langit-langit ruangan dengan sekrup. Selalu cek kabel dan rapikan susunannya, kencangkan fitting dengan sekrup dan obeng. Fitting siap digunakan.

 

Nyalakan saklar

Setelah fitting terpasang dengan baik, kita dapat memasang lampu di fitting tersebut. Setelah semua berjalan dengan baik dan lancar, saatnya kita menyalakan kembali saklar MCB untuk mengaktifkan aliran listrik. Cek kembali apakah fitting dan lampu sudah dapat menyala dengan baik.

 

 Index Artikel