Tips Mendesain Rumah Ramah Lingkungan

Memiliki rumah yang ramah lingkungan menjadi dambaan setiap orang, apalagi di zaman seperti saat ini, banyak sekali energi dan sumber daya yang terbuang sia-sia karena rumah yang tidak menerapkan ramah lingkungan dan tak punya kontribusi terhadap lingkungan sekitar.

Mendesain rumah yang ramah lingkungan sebenarnya tidaklah sulit, hanya butuh kesungguhan untuk menciptakannya menjadi sesuatu yang nyata. Adapun beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendesain rumah yang ramah terhadap lingkungan:

Buat jendela rumah berhadapan dengan sinar matahari langsung

Mendesain jendela rumah yang berhadapan langsung dengan matahari akan menciptakan rumah yang ramah lingkungan, karena cahaya akan masuk langsung ke ventilasi rumah kita. Cahaya inilah yang akan menerangi rumah kita dari pagi hingga senja, kita dapat berhemat listrik karena tak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari. Kita juga dapat mendesain jendela yang lebih besar untuk mengoptimalkan cahaya mataharinya.

Ciptakan ventilasi udara di tiap sudut rumah

Agar rumah semakin nyaman, kamu dapat menciptakan ventilasi untuk perputaran udara di sudut rumah, buatlah jalur-jalur udara di belakang atau sudut rumah agar udara segar selalu masuk dan selalu segar. Ventilasi ini juga sangat berguna agar suhu di dalam rumah menjadi lebih sejuk, karena kualitas udara di dalam rumah dapat berubah drastis sesuai kondisi cuaca. Dengan adanya ventilasi ini dapat meminimalisir udara pengap di dalam ruangan.

Gunakan lampu hemat energi

Sebagai pendukung rumah yang ramah lingkungan, kita dapat menggunakan lampu yang hemat energi seperti lampu OSRAM LED. Lampu yang ramah lingkungan ini sangat cocok digunakan sebagai penerangan di rumah, karena lampu ini juga tidak menyebabkan ruangan panas. OSRAM LED dapat digunakan di ruangan-ruangan utama seperti ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur. Lampu jenis LED dapat bertahan hingga 15 tahun.

Perbanyak tanaman hijau

Gunakanlah media tanaman sebagai penyejuk rumah, tambahkan beberapa tumbuhan di beberapa sudut rumah dan di teras rumah. Tanaman akan menghasilkan udara yang bersih, dan mengoptimalkan kondisi ruangan.

Buatlah tempat saluran limbah

Limbah rumah tangga dapat dibuang dan diuraikan. Kita dapat mendesain tempat pembuangan limbah yang ramah lingkungan, agar semua limbah tidak merusak dan mengotori lingkungan sekitar kita.

Index Artikel