7 Tips Persiapan Touring Aman Dengan Motor

 

Kini aktifitas touring dengan motor bukan hanya sebagai aktifitas perjalanan biasa, banyak orang menganggapnya sebagai hobi dan pencarian jati diri. Dalam aktivitas touring kita dapat menemukan pengalaman baru, suasana baru, persahabatan dan kekompakan. Para pecinta touring senantiasa membekali diri dan kendaraannya secara baik.

Para biker senior pastilah telah mengetahui banyak hal tentang seluk beluk touring yang baik dan benar. Namun tak sedikit biker pemula ataupun yang belum banyak berpengalaman berkecimpung dengan aktivitas touring. Berikut OSRAM berikan 7 tips bagi para biker untuk persiapan touring dengan motor secara aman :

  1. Persiapkan Tempat Tujuan

Sebagai seorang rider, pastilah sebelum memulai touring kita mempersiapkan tempat dan destinasi berkendara. Tentukanlah tempat tujuan dan cari banyak informasi tentang tempat tersebut mulai dari track jalanan, jarak, hingga map untuk mendapatkan jalan terbaik menuju tempat tersebut.

  1. Persiapkan Kondisi Tubuh

Agar touring semakin aman dan nyaman, usahakan persiapkan kondisi tubuh sebelum menjalankan touring, olahraga dan makan makanan yang sehat sangat membantu agar kondisi tubuh selalu fit dan kuat. Bawa juga obat-obatan untuk persiapan di perjalanan.

  1. Persiapkan Kondisi Mesin Motor

Hal ini menjadi penting karena motorlah yang akan membawa kita melakukan perjalanan jauh. Periksalah kondisi mesin mulai dari fisik mesin, oli, kondisi piston, hingga karburator. Usahakan agar mesin dapat bekerja dengan baik, karena mesin merupakan komponen utama dalam perjalanan. Agar mesin tetap terjaga, alangkah baiknya juga kita persiapkan peralatan seperti kunci pas, tang, obeng, dll untuk mengantisipasi hal-hal yang tak terduga.

  1. Persiapkan Lampu Motor

Hal yang juga sangat penting dalam persiapan touring adalah pencahayaan pada motor, periksa dan gunakan lampu yang sesuai. Gunakanlah lampu berkualitas seperti OSRAM X-Racer, Silverstar, AllSeason Super ataupun CoolBlue. Memakai lampu sembarangan dapat memberikan resiko saat berkendara. Medan yang ditempuh saat touring sangat bervariasi, jika lampu motor kita mati maka perjalanan akan terganggu. Oleh karena itu persiapkan lampu motormu dengan matang dengan lampu OSRAM.

  1. Persiapkan Penempatan Muatan yang Akan Dibawa

Membawa barang saat touring memang dibutuhkan untuk memasok perbekalan kita dijalan, namun ada baiknya kita mempersiapkan penempatan muatan ini di motor, kita dapat menggunakan berbagai media untuk membawa muatan di motor, bisa menggunakan tas atau menggunakan box motor agar lebih safety. Box motor menjadi referensi yang baik karena sudah memiliki standar sebagai tempat menaruh muatan. Box juga banyak dipilih karena praktis dan tidak mengganggu rider saat mengendarai motor.

  1. Persiapkan Posisi Berkendara yang Benar

Banyak hal yang terjadi saat kita berkendara dengan posisi yang salah, penggunaan stang dan kondisi jok yang tak disesuaikan membuat pinggang, tangan, leher dan kaki terasa pegal dan sakit. Alangkah baiknya kita menyesuaikan posisi tersebut dengan posisi berkendara yang benar.

  1. Pelajari Rambu dan Cara Berkendara yang Aman

Mempelajari rambu dan cara berkendara yang baik dapat dilakukan bersama teman-teman saat menjelang touring, ini penting agar kita dapat berkendara dengan benar dan juga dapat menerapkan safety riding yang tentunya bermanfaat bagi kita dan orang lain.

Selamat menjelajah Sobat OSRAM!

Index Artikel