Cara Membuat Lampu Hias “Lava Lamp” Dari Botol Kaca Bekas dan Lampu OSRAM LED

 

Image Source: edcoogle.com

Memiliki lampu hias yang bagus dan enak dipandang merupakan keinginan banyak orang, apalagi bagi anda yang banyak sekali menghabiskan waktu di dalam kamar untuk bersantai. Untuk membeli lampu hias yang cantik bukanlah sesuatu yang murah, banyak uang yang harus dikeluarkan hanya untuk memiliki lampu hias yang indah dan menarik.

Namun ada cara yang sangat mudah dan sangat ekonomis yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan lampu hias tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Kita dapat mengkreasikan atau membuat sendiri lampu hias di rumah dengan barang yang mudah didapat. Lampu hias banyak sekali macamnya, untuk saat ini kita akan mencoba membuat Lava Lamp yang kini sedang menjadi tren. Lampu hias ini berisi cairan yang dapat bergerak menyerupai lava atau lahar yang dapat memanjakan mata kita saat melihatnya. Lalu bagaimanakah cara untuk membuatnya? Sediakan barang-barang berikut ini:

Pertama, sediakanlah botol kaca besar, air, garam, minyak nabati, tablet alkaseltzer, pewarna makanan (warna dapat disesuaikan berdasarkan selera), kaleng bekas, lampu OSRAM LED beserta kabel dan stekernya.

Image Source: http://adventures-in-making.com/  

Siapkan botol kaca yang akan anda jadikan sebagai media lava, masukkan air bening ke dalam botol tersebut hingga ¾ penuh dan masukkan beberapa tetes pewarna makanan yang anda sukai, bisa warna biru, merah atau hijau. Lalu perlahan masukkanlah minyak nabati atau minyak sayur ke dalam botol tadi, kemudian akan terlihat gumpalan-gumpalan bulat seperti lava di dalam botol. Setelah anda melihat gumpalan-gumpalan terbentuk, kini saatnya memasukkan garam secukupnya ke dalam botol, anda akan melihat gumpalan-gumpalan lava tersebut berjalan naik dan turun.

Isi botol sampai benar-benar penuh, masukkan minyak nabati dan kemudian air, maka air akan berada di dasar botol, teteskan lagi pewarna makanan dan kemudian masukkan tablet alka-seltzer atau semacam vitamin C yang dapat mengeluarkan gelembung udara. Maka terciptalah botol yang berisi lava yang sangat indah dengan gumpalan gelembung di dalamnya. Agar semakin cantik, kita dapat membuat dudukan botol Lava Lamp dengan kaleng bekas dan gabungkan dengan lampu OSRAM LED. Mengapa kita menggunakan OSRAM LED? Karena lampu ini tidak mengeluarkan panas sehingga meminimalisir botol akan pecah karena panas. Selain itu lampu ini juga sangat hemat energi.

Image Source: http://dclibrary.org/

Setelah semua telah terpasang dengan baik saatnya menyambungkan kabel dengan lampu OSRAM LED yang telah diletakkan di dalam kaleng sebagai dudukan botol. Nyalakan lampu dan lihat keindahan lampu hias Lava Lamp OSRAM LED yang cantik dan ekonomis di kamar Anda.

 

Image Source: s-media-cache-ak0.pinimg.com

Index Artikel