Tips Merancang Penempatan Lampu OSRAM Yang Aman Di Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang paling sering kita kunjungi saat berada di rumah. Kamar mandi juga memiliki peran vital dalam kelangsungan hidup kita. Menempatkan lampu di kamar mandi memang terlihat sepele, namun banyak sekali dari kita yang kurang memperhatikan penempatan lampu kamar mandi kita, sehingga hal ini sangatlah beresiko tinggi karena lampu yang sewaktu-waktu dapat mengalirkan arus listrik.

Untuk itu kali ini kita akan membahas bagaimanakah cara merancang penempatan lampu OSRAM yang tepat dan aman di kamar mandi. Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan :

Tempatkan Lampu Di Tempat Tinggi Atau Di Balik Kaca

Hal pertama yang paling aman dalam menempatkan lampu adalah di atas plafon kamar mandi itu sendiri, penempatan yang tinggi ini meminimalisir terjadinya konsleting akibat air, dan mengurangi jangkauan anak-anak dari lampu tersebut. Jika ingin terlihat indah dan aman, kita juga dapat menempatkan lampu di balik kaca kamar mandi, peletakan dilakukan di belakang agar tak langsung berkontak dengan kita atau anak-anak.

Jauhkan Lampu Dari Sumber Air

           Janganlah menempatkan lampu begitu dekat dengan sumber air seperti keran ataupun kloset, jika terdapat sedikit konsleting listrik hal ini akan membuat air menjadi beresiko teralir arus listrik yang tentunya sangat berbahaya.

Gunakan Lampu Berkualitas

Kamar mandi memiliki kelembapan yang cukup tinggi untuk menimbulkan jamur dan kerak, kondisi ini tentunya akan membuat lampu menjadi cepat redup, putus ataupun pecah sekalipun. Gunakan lampu yang tidak mengeluarkan panas dan kuat seperti OSRAM LED. Dibanding lampu pijar, lampu ini punya kualitas yang jauh lebih unggul.

Gunakan Kabel Yang Kuat

Banyak konsleting lampu kamar mandi disebabkan kabel yang konslet atau rusak karena kelembapan atau karena gigitan tikus, kita harus menggunakan kabel plastik yang kuat dan tahan air, agar terhindar dari konsleting.

Selamat berkreasi!

Index Artikel