Tips Meminimalisir Terjadinya Arus Pendek Listrik Di Rumah Anda

Pemasangan listrik yang kurang baik kadang merugikan kita sebagai pengguna rumah. Banyak hal yang terjadi ketika listrik di rumah mengalami masalah, seperti arus pendek listrik yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran di rumah. Sebenarnya hal ini dapat dicegah dengan menerapkan tips-tips berikut ini :

Hindari Pemasangan Instalasi Listrik Sendiri

Banyak di antara kita merasa tahu lebih banyak tentang pemasangan listrik di rumah, padahal pengetahuan dalam pemasangan listrik di rumah sangat beresiko tinggi dan membutuhkan peralatan yang khusus. Percayakan pemasangan listrik kepada pihak ketiga yang lebih mengerti tentang instalasi agar terhindar dari kesalahan-kesalahan yang dapat berakibat fatal dan terjadinya arus pendek listrik.

Cek Kabel Listrik

Salah satu penyebab terjadinya kebakaran arus pendek listrik adalah karena kabel listrik yang lapuk dan memiliki kualitas buruk. Kabel yang terkelupas dapat memercikkan api dan menyebabkan kebakaran, oleh karena itu selalu cek dan ganti kabel listrik ketika sudah mulai tidak layak pakai.

Saklar, Stop Kontak Dan Lampu

Hindari penekanan tombol saklar yang keras dan berlebihan. Hal ini akan membuat tembaga dalam saklar mengeluarkan percikan api yang dapat membuat konsleting listrik. Gunakan juga lampu yang baik dan berkualitas, karena kualitas lampu yang buruk dapat memicu arus pendek listrik karena konsleting. Pakai lampu OSRAM yang sudah teruji kemanan penggunaannya, sehingga menghindarkan Anda dari masalah pada kelistrikan.

Lakukan Cek MCB

Selalu melakukan cek MCB listrik. Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik karena pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik, segera matikan listrik dari kwh meter. Perlu diingat, jangan menyiram sumber kebakaran MCB dengan air bila masih ada arus listrik.

Index Artikel